Selayang Pandang

UKM Pramuka IPB merupakan sebuah organisasi kepemudaan dan kepanduan bagi mahasiswa IPB yang memiliki minat dalam kepramukaan yang bergerak pada bidang pertanian dan sebagai Center Of Excellent Agricutural Scout Movement atau Pusat Pengembangan dan Pendidikan Pramuka Pertanian. Center Of Excellent Agricutural Scout Movement mencakup :

  • Unit Usaha Berbasis Kepramukaan dan Pertanian
  • Bidang-Bidang Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan, Pertanian dan Kewirausahaan
  • Penggalian Potensi Keilmuan dan Kewirausahaan
  • Penguatan Keilmuan Bidang Kepramukaan
  • Penguatan SDM
  • Membangun Blue Print Pramuka Pertanian

UKM Pramuka pertama kali didirikan pada tanggal 14 Maret 1973 dengan sanggar baktinya pertama kali terletak di kampus IPB Baranangsiang. Saat ini sanggar kerja UKM Pramuka terletak di Jl. Agathis no 1 Gd. PKM Lt.1 ( Samping GOR Lama ), Kampus IPB Darmaga. UKM Pramuka didirikan berdasarkan beberapa landasan hukum yang ada diantaranya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka serta Keputusan Bersama Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 047/DJ/KEP/1981 atau No. 021 Tahun 1981 tentang Kerjasama Dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Kepramukaan di Gugus Depan yang Berpangkalan di Kampus-kampus Perguruan Tinggi.

Visi

UKM Pramuka IPB sebagai wadah pengembangan potensi diri untuk menjadi manusia yang mandiri dan kreatif melalui kegiatan kepanduan untuk mengabdi dan berkarya di bidang pertanian dalam arti luas”.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan – kegiatan pemantapan ilmu dan teknik kepramukaan kepada anggota dan lingkungan kampus serta memperjelas jati diri sebagai anggota gerakan pramuka.
  2. Menyelenggarakan dan menciptakan serta mengikuti kegiatan – kegiatan yang dapat mengembangkan potensi dan kreativitas anggota di bidang kepanduan dan pertanian dalam arti luas.
  3. Mempelopori, menyelenggarakan dan mengembangkan gerakan kegiatan kepanduan yang berbasis pertanian dalam arti luas dan cinta lingkungan.

One thought on “Selayang Pandang

  1. Salam Pramuka..
    Ass. slamat pagi kakak, sy boleh gabung gak yaaah… sy mahasiswa Pascasarjana progdi Manajemen, aktif di pangkalan SMK Negeri 4 Kota Bogor sebagai Pembina Gudep, dan aktif di Kwarcab Kota Bogor sebagai ANCU Siaga Bencana…
    trisms ya kakak…
    wass.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *