Kemah Riset Pramuka Penegak Nasional II IPB segera di gelar

  1. I.                   PENDAHULUAN

Bahan bakar minyak merupakan sumber energi dengan konsumsi terbesar di dunia, dibandingkan sumber energi lainnya. Tetapi, dunia telah mengalami krisis bahan bakar minyak. Data dari departemen ESDM (2004) menyebutkan bahwa produksi minyak di Indonesia pertahunnya sebesar 55 juta ton, produksi ini diperkirakan hanya dapat mencukupi kebutuhan BBM di Indonesia selama sepuluh tahun kedepan. Untuk itu saat ini pemerintah Indonesia mulai melakukan langkah-langkah strategis di bidang pengembangan sumber energi terbarukan. Hal ini juga diperkuat dengan keluarnya Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional.

Berdasarkan hal tersebut maka perlu penyiapan kader-kader yang dapat mengembangkan sumber energi terbarukan secara ilmiah sejak dini. Salah satu kader bangsa yang disiapkan untuk hal tersebut adalah kader Gerakan Pramuka. Melalui peningkatan daya pikir ilmiah yang kompetitifdi bidang sumber energi terbarukan, diharapkan dapat menumbuhkan semangat untuk berinovasi terhadap pengembangan sumber energi terbarukan serta memiliki cita-cita yang luhur demi mewujudkan kemanan energi di Indonesia.

Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Institut Pertanian Bogor yang memiliki basis ilmu dalam bidang pertanian dalam arti luas berusaha untuk memberikan suatu kontribusi nyata dengan mengadakan suatu kegiatan bertajuk sumber energi rumah tangga terbarukan dengan nama “Kemah Riset Pramuka Penegak Nasional 2013”. melalui kegiatan ini  Pramuka IPB berusaha menggali potensi pramuka penegak yang berpangkalan di sekolah masing-masing untuk  melakukan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan sumber energi rumah tangga terbarukan secara ilmiahyang dibalut dengan serangkaian kegiatan berbasis kompetisi keilmiahan. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan Pramuka Penegak yang berpangkalan di sekolahnya masing-masing dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap kemajuan pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Kegiatan ini dirancang dalam bentuk yang menarik dan mendidik sebagai salah satu upaya memandu generasi muda demi tercapainya misi “Keamanan Pasokan Energi Indonesia”. Bangkitlah Pemuda Penerus Bangsa. Majulah Pramuka Indonesia. Jayalah Negeriku Tercinta.

  1. II.                DASAR KEGIATAN
    1. Undang-undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
    2. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    3. Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2006 Anggaran Dasar Gerakan Pramuka Tahun 2009.
    4. Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional.
      1. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Hasil Munaslub tahun 2012.
      2. Keputusan Kwartir Nasional No.231 Tahun 2003 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka.
      3. Keputusan Kwartir Nasional No.080 Tahun 1988 tentang Pola Mekanisme dan Pembinaan T/D.
      4. Keputusan Bersama Mendiknas Republik Indonesia dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 156/Kab./65 tentang Pengitegrasian Gerakan Pramuka dengan Sekolah.
      5. Hasil Musyawarah Racana, Surya Tirta Kencana—Inggita Puspa Kirana, Gugus depan Kabupaten Bogor 30.091—30.092.

 

  1. III.          TUJUAN KEGIATAN

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengasah kemampuan dan kemahiran anggota pramuka penegak dan mahasiswa IPB terhadap penguasaan riset dan penelitian untuk memecahkan masalah energi rumah tangga terbarukan.
  2. Membina dan mengembangkan kreativitas serta melatih kepekaan anggota Pramuka Penegak dan mahasiswa IPB terhadap isu-isu energi Rumah tangga terbarukan.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai pertanian dalam arti luas terhadap pramuka penegak dan mahasiswa IPB.
  4. Meningkatkan kekeluargaan dan gotong royong di antara anggota Pramuka Penegak.
  5. Memperkenalkan IPB kepada peserta  Kemah Riset Nasional II.
  6. Memperkenalkan hasil inovasi dan produk IPB yang berhubungan dengan sumber energi terbarukan.
  7. Wujud nyata dalam pelaksanaan visi dan misi serta program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa PRAMUKA.

 

  1. IV.          NAMA KEGIATAN

           Kegiatan ini diberi nama “Kemah Riset Pramuka Penegak Nasional 2013”

 

  1. V.             TEMA KEGIATAN

Kegiataninibertemakan“Inovasi Pramuka dalam Menggali Potensi Sumber Energy Rumah Tangga Terbarukan”

 

  1. VI.          MOTTO

           Motto kegiatan ini adalah“Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan”

 

  1. VII.       BENTUK KEGIATAN

Kemrinas memfasilitasi pramuka penegak dari berbagai penjuru daerah yang ikut dan terdaftar sebagai peserta, untuk melakukan kegiatan penelitian terapan guna memecahkan masalah yang timbul di masyarakat.  Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut dan terbagi menjadi kegiatan umum, kegiatan inti, kegiatan khusus, dan kegiatan tambahan.

  1. KegiatanUmum
    1. Upacara dan apel

Dalam setiap kegiatan yang menggunakan metode kepramukaan maka akan dilakukan upacara atau apel sebelum melaksanakan kegiatan.

  1. Olahraga

Setiap paginya peserta akan melaksanakan olahraga pagi guna menjagakebugaran badan agar setelahnya dapat mengikuti mata kegiatan dengan semangat dan aktif.

 

 

  1. c.       Camp craft

Pembinaan lingkungan tenda tempat peserta akan tinggal selama kegiatan akan dilakukan agar para pramuka penegak dapat menerapkan hidup sehat terutama ketika berada di tempat perkemahan.

  1. Kegiatan Riset
    1. Pelatihan penulisan Karya Ilmiah

Untuk membuat sebuah hasil riset dibutuhkan kemampuan untuk menulis sebuah karya ilmiah, untuk itu peserta akan diberikan pembekalan bagaiama cara menulis sebuah karya tulis ilmiah.

  1. Pengenalan riset

Sebelum para peserta kegiatan akan melakukan riset, harus diberikan dulu pengantar atau pengenalan tentang riset, yang mencakup pengertian riset, bentuk riset, metode riset, dan lain sebagainya.

  1. Kompetisi Proposal

Setiap tim yang akan berpartisipasi dalam kegiatan Kemrinas diwajibkan untuk menyusun proposal penelitian sesuai ddengan tema kegiatan dan menyerahkan secara online untuk diseleksi oleh panitia. Tim yang proposalnya tersleksi akan diundang dalam kegiatan Kemrinas untuk mempresentasikan proposal tersebut. Tim dengan penilaian proposal dan presentasi terbaik akan di danai untuk melakukan penelitian di pangkalan masing-masing dan berkwajiban untuk menjalankan serta melaporkan hasil penelitian dalam kegiatan Kemrinas selanjutnya.

  1. Presentasi proposal

Tim yang proposal penelitian telah lolos seleksi, mempresentasikan hasil penelitian kepada dewan juri saat acara Kemrinas 2013 berlangsung.

 

 

 

  1. Pelaksanaan Riset

Pada kegiatan riset ini, peserta Kemrinas akan dibagi menjadi beberapa kelompok besar. Setiap tim akan menuliskan hasil temuan lapang dalam bentuk artikel riset sesuai tema kegiatan.Setelah riset dilakukan, peserta akan diberikan waktu untuk membuat laporan dari hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya ke dalam bentuk artikel yang kemudian akan diperlombakan.

 

  1. Turun Lapang Desa Lingkar Kampus IPB

Hasil dari riset mengenai topik energi terbarukan yang dilakukan peserta Kemrinas 2013 akan disosialisasikan kepada masyarakat yang berada di desa sekitar lingkar kampus IPB.

 

  1. Kegiatan Seni
    1. Gala Dinner

Merupakan acara penyambutan kepada peserta yang disiapkan oleh panitia Kemrinas 2013, yang terdiri atas pentas seni dan pertujukan lainnya yang merupakan kreasi dari para mahasiswa Institut Pertanian Bogor.

  1. Lomba pensi

Merupakan salah satu kegiatan yang dilombakan dalam kegiatan Kemrinas 2013, dimana peserta lomba akan berlomba untuk menampilkan sebuah pentas seni secara kreatif dan menarik.

  1. Perlombaan Poster Ilmiah

Merupakan perlombaan pembuatan poster berdasarkan proposal dari tiap tim yang lolos. Poster peserta yang lolos akan di pamerkan ketika acara berlangsung.

  1. Kegiatan Wisata
    1. Fun Touring

Merupakan kegiatan mengunjungi objek wisata di Bogor yaitu, Kebun Raya Bogor dan Instana Bogor. Disertai dengan kegiatan outbond yang menantang dan penuh dengan pembelajaran.

  1. Nonton bareng  “Hasduk Berpola”

Acara nonton bareng film “Hasduk Berpola” ini akan diikuti oleh seluruh peserta dan juga panitia sebagai malam penutup dalam rangkaian acara Kemrinas 2013.

 

  1. Kegiatan Diskusi
    1. Karang pamitran untuk Pembina

Kegiatan ini dikhususkan untuk pembina ataupun pendamping peserta Kemrinas 2013 agar mereka satu sama lain dapat lebih mengenal, juga sebagai acara ramah tamah antara para pembina atau pendamping peserta kepada panitia pelaksana dan kegiatan.

  1. Diskusi Nasional

Diskusi Nasional dihadiri oleh seluruh peserta kegiatan dan pendamping. Acara ini bertemakan “Peran Pramuka dalam Pengembangan Sumber Energi Rumah Tangga Terbarukan” dihadiri oleh tokoh-tokoh Nasional yang kompeten di bidangnya.

  1. Kegiatan Pengenalan IPB

Merupakan kegiatan untuk mengenalkan kampus Institut Pertanian Bogor kepada para peserta Kemrinas 2013 agar dapat mengetahui lebih dekat IPB sebagai Universitas riset yang memiliki banyak inovasi dan prestasi baik dalam nasional maupun internasional.

 

  1. VIII.  SASARAN

Kegiatan ini ditujukan kepada Pramuka Penegak dari Gugus depan yang berpangkalan di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di seluruh Indonesia dengan Jumlah tim akan dibatasi sebanyak 60 tim yang terdiri  atas 4 orang per tim. Jumlah tersebut terdiri dari :

Putra    : 30 Tim

Putri    : 30 Tim

Selain itu kegiatan ini juga ditujukan kepada mahasiswa IPB untuk inovasina terkait pembuatan proposal riset mengenai energi terbarukan. Mahasiswa yang mengajukan proposal riset dibatasi hanya 20 tim, dengan jumlah 4 orang per tim.

 

  1. IX.       LUARAN YANG DIHARAPKAN

Luaran dari kegiatan ini, antara lain:

  1. Peserta mampu dan mahir terhadap penguasaan riset dan penelitian untuk memecahkan masalah energi rumah tangga terbarukan.
  2. Peserta memiliki kreativitas serta kepekaan terhadap isu-isu yang beruhubungan dengan energi terbarukan.
  3. Peserta mengerti tentang arti pertanian secara luas.
  4. Peserta memiliki sikap gotong royong di antara anggota Pramuka.
  5. Peserta lebih mengenal tentang Institut Pertanian Bogor lebih dalam.
  6. Peserta mengetahui inovasi-inovasi yang diciptakan Institut Pertanian Bogor terutama yang berhubungan dengan energi rumah tangga terbarukan.
  7. X.          WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Waktu                : 20-24 November 2013

Tempat               : Kampus IPB Dramaga Bogor

SUSUNAN ACARA

Kemah Riset Pramuka Penegak Nasional 2013

Racana Surya Tirta Kencana – Inggita Puspa Kirana

Gugusdepan Kabupaten Bogor  30.091 – 30.092

20 –24 November 2013

 

           Rabu, 20 November 2013

No

Waktu

Acara

Tempat

Ket.

1.

08.00 – 15.00

Registrasi pesertadan Pendirian Tenda

Bumi Perkemahan

 

2.

15.00 – 15.30

Sholat Ashar

Al Hurriyah

 

3.

15.30 – 17.00

Technical meeting

RK. A/B FPIK

 

4.

17.00 – 19.30

SOMAI

Bumi Perkemahan

 

5.

19.30 – 22.00

Welcome Party

RK.FKH A

 

6.

22.00 – 04.30

Jalan – jalan  ke Pulau Kapuk

Bumi Perkemahan

 

Kamis, 21 November 2013

No

Waktu

Acara

Tempat

Ket.

1.

04.30 – 06.00

SOMAI dan Bersih diri

Bumi Perkemahan dan Al Huriyyah

 

2.

06.30 – 08.00

Persiapan Upacara

Bumi Perkemahan – Lapangan rektorat

 

3.

08.00 – 09.30

Upacara Pembukaan

Lapangan Rektorat

 

4.

09.30 – 10.00

Ice Breaking

lapangan rektorat / lantai dasar rektorat

 

5.

10.00 – 12.00

Kuliah pembekalan riset

Audit Andi Hakim Nasution

 

6.

12.00 – 14.00

SOMAI dan mobilisasi

Al Hurriyah dan sekitar

 

7.

14.00 – 17.00

Presentasi Proposal

RK. FKH A

Pembina/

Pendamping tim mengikuti FGD (Focus Group Discusion)

8.

17.00 – 19.00

SOMAI

Bumper

 

9.

19.00 – 22.00

Pensi

Lintang Fakultas

 

10.

22.00 – 04.30

Jalan – jala ke pulau Nyiur

Bumi Perkemahan

 

Jumat, 22 November 2013

No

Waktu

Acara

Tempat

Ket.

1.

04.30 – 05.30

Giat Pribadi

Bumi Perkemahan dan sekitarnya

 

2.

05.30 – 06.00

Olah Raga

Bumi Perkemahan

 

3.

06.00 – 06.30

Apel

Bumi Perkemahan

 

4.

06.30 – 07.30

Makan

Bumi Perkemahan

 

5.

07.30 – 12.00

Riset dan pembuatan laporan

Ruang kelas dan GKA

Pembina/

Pendamping mengikuti Kegiatan Karang Pamitran

6.

12.00 – 13.30

SOMAI

Bumi Perkemahan dan Al Hurriyah

 

7.

13.30 – 17.00

Turun lapang masyarakat desa lingkar kampus IPB

Desa lingkar kampus IPB

 

8.

17.00 – 19.30

SOMAI

Bumi Perkemahan

 

9.

19.30 – 22.00

Pensi

Lintang Fakultas

 

10.

22.00 – 04.30

Wisata pulau kapuk

Bumi Perkemahan

 

Sabtu, 23 November 2013

No

Waktu

Acara

Tempat

Ket.

1.

04.30 – 05.30

Giat pribadi

Bumi Perkemahan

 

2.

05.30 – 07.00

Permainan tradisional

Sekitar Bumi Perkemahan

 

3.

07.00 – 08.00

Apel + makan

Bumi Perkemahan

 

4.

08.00 – 10.00

Sosialisasi IPB

Audit Andi Hakim Nasution

 

5.

10.00 -11.30

Berangkat KRB dan istana

Mobile

 

6.

11.30 – 12.30

Mengunjungi istana bogor

Istana bogor

 

7.

12.30 – 13.30

Ishoma

KebunRaya Bogor (masjid)

 

8.

13.30 – 16.30

Outbond

Kebun Raya Bogor

 

9.

16.30 – 17.00

Isitirahat + shola

Kebun Raya Bogor

 

10.

17.00 – 19.30

Perjalanan pulang

Mobile

 

11.

19.30 – 20.00

Ishoma

Bumi Perkemahan-Al Hurriyah

 

12.

20.00 – 22.00

Prosesi api unggun

Lapangan Utama

 

13.

22.00 – 00.00

Nonton Bareng Film “Hasduk Berpola”

 

Lapangan Utama

 

14.

00.00 – 04.30

Tidur

Bumi Perkemahan

 

Minggu, 24 November 2013

No

Waktu

Acara

Tempat

Ket.

1.

04.30 – 05.30

Giat pribadi

Bumi Perkemahan – Al Hurriyah

 

2.

05.30 – 06.30

Olahraga + apel

Bumi Perkemahan

 

3.

06.30 – 07.30

Makan pagi

Bumi Perkemahan

 

4.

07.30 – 09.00

Packing

Bumi Perkemahan

 

5.

09.00 – 12.00

Dialog Nasional dengan tema

“Peran Pramuka dalam Pengembangan Energi Terbarukan di Indonesia”

Audit  Andi Hakim Nasution

 

6.

12.00 – 13.00

Ishoma

Audit Andi Hakim Nasution

 

7.

13.00 – 15.00

Kepulangan Peserta

Mobile

 

*Jadwal dan tempat sewaktu-waktu dapat berubah

 

     SUSUNAN REKA KERJA

Kemah Riset Pramuka Penegak Nasional 2013

Racana Surya Tirta Kencana – Inggita Puspa Kirana

Gugus Depan Kabupaten Bogor  30.091 – 30.092

20 –24 November 2013

 

 

Pelindung                               : Prof Dr Ir H Herry Suhardiyanto, M.Sc

                                                  (Rektor Institut Pertanian Bogor)

Penasihat                                : Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, M. Sc

                                                  (Wakil Rektor Bidang Akademik dan

                                                Kemahasiswaan)

Pembina/Pengarah                : Drh. Fadjar Satrija, M.Sc, PhD

                                                Dr. Drh. Sri Murtini, M.Si

                                                RA. Hangesti EW, M.Si

Penanggung Jawab               : M. Ahda Agung                                (E34100125)

                                                Diani Olyvia                                        (I14100123)

Steering Committee (SC)      : Ardila Mar’atun Q.                           (C14090038)

                                                  Dede Rahmat                                    (C24090044)

                                                  Andi Suwito                                     (E14090006)

Organizing Committee (OC)

Ketua Pelaksana                   : Doni Ramdhani                                 (G64100038)

Wakil Ketua                          : Adhimas Agung Permadi                 (C54100039)

Sekretaris                               : Fajar Syahreza                                   (C34120068)

                                                Zani Wahyu Rahmawati                     (E14120007)

                                                Rahmi Putri Dion                                (B04120043)

Bendahara                             : Siti Rohmah                                    (A24110096)

                                                E Indri Dewi                                       (E14120014)

Divisi-divisi/Seksi-seksi

1. Divisi Acara                       :Kaisar Akhir   (koordinator)               (C54110038)

                                                Esdinawan Carakantara S.                  (B04100006)

                                                Lucy Pertiwi                                       (G24110008)

2. Divisi Humas                      : Reni Dyah Anom (koordinator)        (E14110063)

                                                Danar Intan Puspitaningtyas               (B04120184)

3. Divisi Konsumsi                 : Desiva Putri   (koordinator)               (E14110029)

                                                Ayu Laras                                           (G24120031)

                                                Kurniati Fitri S.M.                              (C44110053)

4. Divisi Pubdekdok              :Sardianto (koordinator)                     (E14120038)

                                                Askari Hizbulloh A.                            (A44120073)

5. Divisi Sponsorship             : Lefin Kafindra (koordinator)            (A24100167)

                                                Rizal Ali Akbar                                   (A24100005)

                                                Ayu Juwita Sari                                  (H44120074)

                                                Angga Dwi                                         (G54120040)

                                                Bagas  koro Tripamungkas                 (F34120085)

6. Divisi Logstran                  : Ahmad Deni R. (koordinator)          (E34120083)

                                                Teguh Prianto                                     (C44120003)

                                                Tio Dwi Wibisono                               (C54120045)

                                                EndangSudjana                                   (C54110063)

7. Divisi Medis                       : Andi Handoko (koordinator)            (E34120079)

                                                Isna Kurniati                                       (C34100085)

                                                Krisna Ariani                                       (G54120016)

8. Divisi Dana Usaha             : Saqinah Warahmah (koordinator)     (E34100082)

                                                Dewi Marisa Maris                              (H44120002)

9. Divisi LO                            : Intan Juniar Puspita  (koordinator)   (E34120027)

                                                Mahmudatul Himma                           (E24120046)

“KREATIF, AKTIF, TINGKATKAN PRESTASI BERKARYA”