Tak Hanya Sekedar Pramuka

Pentingnya Pramuka
Pramuka sebagai gerakan kepanduan merupakan media pembinaan bagi generasi muda untuk dapat hidup secara mandiri dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Pramuka menjadi penting ketika kita dihadapkan pada kenyataan saat ini dimana arus informasi dan perubahan gaya hidup semakin mendera bangsa kita. Budaya yang berubah, seiring dengan kemajuan zaman jika tidak disikapi tentu akan menjadi masalah di kemudian hari.

Kenyataan-kenyataan yang mengarah kepada pentingnya pembinaan generasi muda menjadi dorongan utama kenapa lembaga pendidikan luar sekolah bagi pemuda menjadi penting. Nah pramuka hadir dengan konsep kepanduan yang mengarah kepada pendidikan keterampilan, kepemimpinan dan kemandirian. Keterampilanm, kepemimpinan dan kemandirian tentu saja sangat penting dimiliki oleh setiap generasi muda.

Strategi Pengembangan Pramuka
Agar pramuka tidak ketinggalan zaman maka perlu strategi khusus agar pramuka menjadi organisasi kepemudaan yang digemari. Strategi-strategi yang dapat dikembangkan diantaranya adalah :

  1. Pramuka sebagai organisasi modern harus peka terhadap perkembangan teknologi
  2. Pramuka harus mampu menciptakan model pembinaan yang menarik bagi pemuda sehingga dapat bersaing dengan organisasi lain.
  3. Pramuka harus punya ciri positif dan terukur.
  4. Penegakan disiplin dan pelurusan tujuan perlu dilakukan agar pramuka tidak lari dari tujuan awal yakni menjadi wadah pendidikan dan   pelatihan bagi generasi muda.

Sumber : supriyanto09.student.ipb.ac.id/2010/11/05/tak-hanya-sekedar-pramuka/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *