LOMBA LINTAS ALAM ANTAR LEMBAGA KEMAHASISWAAN (LLALK) 2012

 

Lomba Lintas Alam antar Lembaga Kemahasiswaan (LLALK) untuk kedua kalinya berhasil dilaksanakan oleh UKM Pramuka IPB. Ada perbedaan antara  LLALK tahun ini dengan tahun sebelumnya yakni pada tahun ini tidak hanya lembaga kemahasiswan (LK) yang diundang menjadi peserta, tetapi juga organisasi mahasiswa daerah (OMDA) ikut diundang dalam LLALK2 ini. Panitia pun dibantu oleh anggota pramuka dari Gugus Depan Cibungbulang untuk menyukseskan acara.

LLALK adalah Program kerja UKM Pramuka IPB Racana Surya Tirta Kencana-Inggita Puspa Kirana yang akan diadakan secara terus menerus setiap tahunnya dengan mengajak seluruh LK dan OMDA dengan tujun menjalin silahturrahim antar UKM Pramuka IPB dengan LK dan OMDA. LLALK ini juga menjadi ajang berkumpul dan saling mengenal antar LK dan OMDA di IPB, selain untuk meningkatkan kecintaan kepada alam.

Dalam kegiatannya, LLALK Dilaksana-kan selama dua hari satu malam yakni pada tanggal 12 sampai 13 Mei 2012.  Sesuai dengan temanya yaitu “kenali alammu, kenali negerimu dan kenali budayamu”, menurut Ketua Pelaksana, Esdinawan Caraka Satrija (FKH 47)  menyatakan, “ Peserta diajak untuk  mengenali alam dengan melalui sungai dan bukit untuk menuju lokasi yang ditentukan, mengenali negeri dan budaya dengan  pos-pos penilaian yang dibuat oleh panitia yang mengandung persoalan sejarah negeri dan budaya Indonesia”.

Pada hari pertama pembukaan sekaligus pelepasan peserta dipimpin oleh   drh. Fajar Satrija, M.Sc, phD. selaku Pembina UKM Pramuka IPB. Peserta dibawa untuk melewati beberapa pos yang telah ditentukan dengan melewati sungai dan hutan serta menuj puncak Gunung Kapur di Ciampea. Peserta dituntut untuk kompak dan mampu menyelesaikan beberapa pos. Lomba lintas alam ini tidak hanya memuat tentang nilai alam, tetapi juga mengajak peserta untuk mengenal sejarah dan budaya negeri ini. Peserta diajak untuk mengunjungi situs peninggalan bersejarah yang berada di sekitar bogor, yaitu situs peninggalan kerajaan Tarumanegara, yakni prasasti kebon kopi dan prasasti Ciaruteun yang terletak di kawasan Ciaruteun Ilir. Menurut Lucy Pertiwi (GFM 48), selaku panitia, menyatakan “sebagian besar mahasiswa IPB masih belum mengetahui sejarah yang ada di sekitar tempat kita menimba ilmu, dan melalui LLALK ini kami ingin memperkenalkannya kepada teman-teman  mahasiswa”.

Hingga waktu yang ditunggu-tunggu peserta yaitu Pengumuman pemenang yang dilakukan di Lapangan Rektorat. Pemenang pertama diraih oleh HIMASILTAN, pemenang kedua OMDA Sumedang (Wapemala) dan pemenang ketiga OMDA Lampung (Kemala). Masing-masing kelompok peserta pemenang memperoleh piala dan bingkisan dari sponsor yakni Eiger, Kantin Dilla, 4Leaf Siytem. Menurut Peserta LLALK2 yang sekaligus menjadi Pemenang Juara pertama, Rizal N. Azam (THH46) mengatakan, “Dalam kegiatan ini kami mendapatkan banyak manfaat, banyak kenalan dan bisa bersilaturrahmi dengan omda lain. Jadi, kami harapkan acara ini ada dari tahun ke tahun”.

3 thoughts on “LOMBA LINTAS ALAM ANTAR LEMBAGA KEMAHASISWAAN (LLALK) 2012

  1. Doakan saja semoga tahun ini UKM Pramuka IPB bisa kembali menyelenggarakan kegiatan LLA-LK yang lebih baik dan bisa meningkatkan kerjasama antar LK.

  2. Dr Rimbawan, pada sambutannya di acara pembukaan mengungkapkan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan terus menerus. Hal ini sangat positif dilakukan sebagai wujud kerjasama antar Lembaga Kemahasiswaan (LK) dilingkungan IPB. Beliau sangat mengapresiasi peserta yang hadir dan tentu saja UKM Pramuka IPB sebagai penyelenggara kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *